Amul Huzni | Tahun Kesedihan


Salah satu ujian yang paling berat dalam usaha menegakkan agama Islam adalah : 
ketika Umat Islam, keluarga Bani Hasyim dan Bani Abdul Muthalib di boikot oleh kaumkafir Quraisy. Pada saat itu banyak umat Islam yang mengalami kelaparan, bahkan NabiMuhammad saw juga mengalami yang sama. Selama dalam pemboikotan tersebut Rasulullah sering mengganjal perutnya dengan batu untuk menahan lapar. Namun berkah pertolongan Allah swt. Umat Islam mampu mempertahankan aqidahnya selama dalamwaktu pemboikotan. Setelah umat Islam, keluarga Bani Hasyim dan keluarga Bani Abdul Muthalib bebas dari pemboikotan, maka dampaknya adalah kemiskinan dan kesengsaraan melandaumat Islam. Belum selesai umat Islam dilanda kesengsaraan dan kemiskinan, makadatanglah cobaan yang lebih besar bagi Nabi khususnya dan umat Islam pada umumnya, yaitu meninggalnya istri dan paman Nabi Muhammad saw. Istri Nabi Muhamad saw, meninggal dunia dalam usia 65 tahun, pada tahun kesepuluh kenabian dan dimakamkan di ma’la di kota mekkah setelah mengarungi bahterah rumah tangga bersama Nabi muhamad saw selama dua puluh lima tahun. 
Dari pernikahannya , Allah SWT mengaruniakan enam orang anak yang terdiri daridua orang laki laki yaitu ,Abdullah dan Qosim, serta empat orang putri yaitu, Ruqayah, Zaenab , Ummu Kulsum dan Fatimah. Khadijah, isteri yang setia orang yang mula pertama mengikuti ajaran Rasuallah sawtelah menyongkong perjuangan dan dakwa Islamiyah dengan segala jiwa, raga dan harta, dan selalu memberikan kesejahteraan serta ketenteraman pada diri nabi Nabi Muhammad saw dalam rumah tangga dan dakwah Islamiyah. Pemergian beliau, Nabi Muhammad saw selalu mengunjungi famili dan kerabat beliau untuk bersilaturahmi dan mengenang jasa Khadijah. 
Selang beberapa hari, Abu Thalib paman Nabi Muammad, wafat dalam usia 80tahun. Beliau telah mengasuh Nabi sejak berumur delapan tahun.Segala kasih sayang telahdicurahkan, beliau telah menikahkannya dengan Khadijah binti Khuwailid, bahkan setelah beliau menjadi rasul, beliaulah sebagai pelindungnya.Ketika Abu lahab menyuruh menangkap Nabi Muhammad saw pada pertemuankeluarga besar Quraisy Abu Thalib tampil sebagai pembela.Begitu pula tatkala para utusankafir Quraisy mendatangi Nabi,Abu Thalib yang selalu menghadapi mereka.Paman Nabi Muhammad Abu Tholib seorang tokoh Quraisy yang disegani,kewibawaan beliau menjadi pelindung Rasulallah saw namun beliau tidak sempatmengucapkan dua kalimat syahadat, sehingga beliau meniggal dalam keadaan kafir.
Setelah 10 tahun nabi Muhammad berdakwah menegakkan Islam, nabi mendapat cubaan dari Allah dengan meninggalnya dua insan pendukung dakwah Islam selama ini. Wafatnya kedua pelindung Nabi muhamad saw menjadikan hati beliau sangat dukacita, sehingga tahun kesepuluhan dinamakan ”Amul Huzni” artinya tahun kesedihan.



 ¹³ - Honor & Respect
raimisyazwan signature

Artikel ditulis oleh RaimiSyazwan



Artikel Berkaitan

GO TO [ Pseudosupra Sitemap ]





1 comment:

I just wanted to thank you for visiting ♌¹³ Pseudosupra | aLife Blog and willing to read this entry. I appreciate it from the bottom of my heart. Keep in touch and for further concerns, please do not hesitate to give your comment for my future entry. Wish you a great day.

Regard & Much more respect ~ Raimi Syazwan Abdul Rashid

All Comments and criticism can be delivered via the comment space below.

linkreferral
Natang Ngoh